Gambar virtual batere pengganti BT 61 untuk moto Q cdma dan BL-6C untuk nokia cdma 2865, regulator pakai LM317 dan Adaftor 12, volt , 5 volt 2A.

Kedua handphone ini saya fungsi sebagai modem setelah modem venus saya rusak, daripada beli lagi mendingan saya manfaatkan keduanya. Untuk akses internetan dengan waktu yang lama seperti mendownload file dengan ukuran cukup besar tidak mungkin rasanya mengandalkan batere yang cuma kuat empat jam kurang dan perlu di charge dengan waktu yang tidak sebentar, mendingan cari batere bekas di sekitar jalan merdeka bogor banyak berjejer orang menjajakan perangkat elecktronic, lumayan nih lagi mujur dua batere yang aku cari bisa aku dapatkan juga dengan menebus lima ribu saja perbiji.

Tak sabar sesampai di rumah BT 60 (bisa kok dipakai) segera aku buka bungkusnya, lepaskan baterenya perlahan-lahan dan potong plat tipis penghubung postif dan negatif (pada pangkal baterenya).

siapkan dua buah persegi seukuran batere, gunakan pcb lubang agar lebih mudah dalam pengerjaannya. ambil salah satu kotak persegi yang telah kita buat dengan posisi tembaga di atas, siapkan kabel warna merah hubungkan dengan plat tipis dari rangkaian proteksi (yang positif) dan solderlah. lakukan pula pada plat yang lebih panjang untuk negatifnya. masukkan kotak yang satu lagi, kedua kabel supaya dimasukan ke lubang kotak kedua aturlah posisinya biar rapi, setelah itu bungkus kembali bisa gunakan isolatif warna bening.

selanjutnya tinggal dihubungkan dengan catudaya, berhubung multimeter yang saya pakai kurang bagus maka saya perlu ukur batere BT 61 jarum menunjuk ke angka empat, sekarang ukur batere virtualnya adjust dengan cara memutar potensiometer atau trimpot, pastikan jarum menunjuk ke angka 4 lebih dikit tidak apa-apa.

Catudaya

Bisa dibuat dengan transformator 2A, rangkainnya regulator sebaiknya yang menggunakan IC LM 350, walaupun bisa juga pakai LM 317 tetapi mesti dilengkapi dengan transistor 2N3055.

Tinggalkan Balasan

